PENGARUH VIDEO ANIMASI 2D TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA FANTASI PADA SISWA KELAS VII

  • Tiopma Sinaga Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univesitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Marlina Agkris Tambunan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univesitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Junifer Siregar Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univesitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Jumaria Sirait Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univesitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Immanuel B.D Silitonga Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univesitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Video Animasi 2d Terhadap Keterampilan Bercerita Fantasi Pada Siswa Kelas Vii Smp Swasta Cinta Rakyat 3 Pematangsiantar. Berdasarkan data yang telah diperoleh serta pengujian hipotesis yang telah dilakukan, maka diambil kesimpulan sebagai berikut: Hasil keterampilan tes awal (pre-test) dalam kemampuan bercerita fantasi siswa kelas VII-B SMP Swasta Cinta Rakyat 3 Pematangsiantar sebelum menggunakan media video animasi 2D peran kategori kurang. Dengan skor rata-rata 61,34. Sedangkan hasil sesudah menggunakan media video animasi 2D dalam kategori baik. Dengan skor rata 72,5. Dari hasil analisis uji perbedaan mean pengaruh media video animasi 2D terhadap kemampuan bercerita fantasi siswa kelas VII SMP Swasta Cinta Rakyat 3 Pematangsiantar terdapat perbedaan kemampuan bercerita fantasi yang signifikan pada tingkat kepercayaan 95%. Thitung = 5,16 > ttabel = 1,696. Dengan demikian media video animasi 2D efektif dapat digunakan dalam pembelajar bercerita fantasi

Published
Jan 8, 2025
How to Cite
SINAGA, Tiopma et al. PENGARUH VIDEO ANIMASI 2D TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA FANTASI PADA SISWA KELAS VII. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 2, jan. 2025. ISSN 2684-7973. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5244>. Date accessed: 12 jan. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5244.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>