PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII

  • Devi Olivia Butarbuta Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univesitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Junifer Siregar Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univesitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Immanuel D.B Silitonga Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Jumaria Sirait Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univesitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Marlina Agkris Tambunan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univesitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Model Pembelajaran Outdoor Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas Vii Smp Bina Guna Tanah Jawa. Berdasarkan dari hasil penelitian pengaruh model pembelajaran outdoor learning dalam meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi oleh siswa kelas 7 SMP Bina Guna tanah Jawa pada skripsi ini maka dapat ditarik kesimpulan : Keterampilan menulis teks deskripsi oleh siswa kelas VII SMP Bina Guna tanah Jawa tahun pelajaran 2024/2025 sebelum menggunakan model pembelajaran outdoor learning nilai rata-rata yaitu 53 yang termasuk dalam kategori kurang dan keterampilan menulis teks deskripsi oleh siswa kelas VII SMP Bina Guna Tanah Jawa tahun pelajaran 2024/2025 sesudah menggunakan model pembelajaran outdoor learning memperoleh nilai rata-rata yaitu 79,48 yang termasuk dalam kategori baik. Pada analisis jumlah skor nilai yang tertinggi sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran outdoor learning (pre-test) yaitu pada rubrik penilaian keterangan isi karangan terdapat skor 87 dengan nilai rata-rata 2,81, keakuratan dan keluasan isi terdapat skor 96 dengan nilai rata-rata 3,1, organisasi penulisan terdapat skor 82 dengan nilai rata-rata 2,65, kebermaknaan keseluruhan tulisan terdapat skor 81 dengan nilai rata-rata 2,61, ketepatan diksi terdapat skor 68 dengan nilai rata-rata 2, 19, ketepatan kalimat terdapat skor 63 dengan nilai rata-rata 2,03, ejaan dan tata tulis terdapat kor 71 dengan nilai rata-rata 2,29, kelengkapan sumber rujukan terdapat skor 116 dengan nilai rata-rata 3,74. Terdapat pengaruh model pembelajaran outdoor learning dalam meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi oleh siswa kelas VII SMP Bina Guna Tanah Jawa, hal ini terbukti setelah dilakukan uji hipotesis pada derajat kebebasan N-1 = 30 dan taraf signifikasi α = 0,05, yang di mana thitung>ttabel yaitu 5, 33 > 1,69 maka disimpulkan bahwa hipotesis dapat diterima dan terbukti kebenarannya.

Published
Jan 7, 2025
How to Cite
BUTARBUTA, Devi Olivia et al. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 2, jan. 2025. ISSN 2684-7973. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5229>. Date accessed: 12 jan. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5229.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>