ANALISIS KETERAMPILAN BERBICARA PADAPROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI DOKUMENTASI VIDEO PEMBELAJARAN MARHATA KELAS X

  • Risro Siregar Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Junifer Siregar Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univesitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Jumaria Sirait Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univesitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Immanuel D.B Silitonga Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguuan Dan Ilmu Pendidikan Univesitas Hkbp Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Marlina Agkris Tambunan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univesitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Keterampilan Berbicara Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Kelas X Sma Negeri 1 Onanrunggu. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan mengenai proyek penguatan profil pelajar pancasila melalui kegiatan marhata pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Onanrunggu, dapat ditarik kesimpulan bahwa proyek penguatan profil pelajar pancasila melalui kegiatan marhata telah berhasil meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas X SMA Negeri 1 Onanrunggu. Mayoritas peserta menunjukkan kemampuan yang sangat baik dalam aspek-aspek berikut: (1) Keterampilan melafalkan fonem; (2) Pilihan kata yang sopan dan sesuai konteks; (3) Pengaturan intonasi dan jeda; (4) Pengaturan volume suara; (5) Kepercayaan diri. Beberapa siswa masih mengalami sedikit hambatan dalam kelancaran berbicara dan ketelitian pengucapan kata-kata tertentu. Keberhasilan proyek ini tidak hanya terlihat dari peningkatan keterampilan berbicara, tetapi juga dari dampak positifnya terhadap aspek sosial dan budaya siswa. Melalui kegiatan marhata, siswa belajar untuk berkomunikasi dengan lebih efektif dan sopan, sesuai dengan norma-norma sosial dan budaya setempat. Kegiatan marhata berhasil mengintegrasikan kearifan lokal ke dalam pembelajaran, sekaligus memperkuat identitas budaya dan nilai-nilai pancasila. Kegiatan marhata mendukung elemen-elemen profil pelajar pancasila, termasuk: (1) Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia; (2) Bergotong royong; (3) Berkebhinekaan global; (4) Kreatif dan (5) Bernalar kritis. Integrasi ini menunjukkan bahwa pendidikan berbasis kearifan lokal dapat menjadi sarana yang efektif untuk menanamkan nilai-nilai pancasila dan membentuk karakter siswa.

Published
Jan 7, 2025
How to Cite
SIREGAR, Risro et al. ANALISIS KETERAMPILAN BERBICARA PADAPROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI DOKUMENTASI VIDEO PEMBELAJARAN MARHATA KELAS X. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 2, jan. 2025. ISSN 2684-7973. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5227>. Date accessed: 12 jan. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5227.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>