PENGARUH MODEL INQUIRY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI OLEH SISWA KELAS VIII
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Pengaruh Model Inquiry Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Oleh Siswa Kelas Viii Smp Swasta Cinta Rakyat 3 Pematangsiantar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen kuantitatif. Dalam pelitian ini menggunakan penelitian jenis pre-eksperimental designs. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Cinta Rakyat 3 Pematangsiantar yang terdiri dari 5 kelas yaitu VIII-A, VIII-B, VIII-C, VIII-D dan VIII-E yang berjumlah 159 siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan : Keterampilan menulis teks laporan hasil observasi oleh siswa kelas VIII SMP Swasta Cinta Rakyat 3 Pematangsiantar sebelum menggunakan model inquiry learning, keterampilan menulis siswa berada pada kategori kurang dengan nilai rata-rata 62,75. Namun, setelah penerapan model inquiry learning, keterampilan menulis siswa meningkat ke kategori baik dengan nilai rata-rata 75,78. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan yang jelas dalam kemampuan menulis siswa setelah menggunakan model tersebut. Diketahui terdapat pengaruh penerapan model inquiry learning terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VIII SMP Swata Cinta Rakyat 3 Pematangsiantar. Hal ini terbukti setelah dilakukan uji hipotesis pada derajat kebebasan N-1=31 taraf signifikasi ∝= 0,005 yang dimana t_hitung>t_tabel yaitu 5,76>1,69 maka hipotesis Ha yang dirumuskan bahwa terdapat pengaruh penerapan model inquiry learning terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VIII SMP Swasta Cinta Rakyat 3 Pematangsiantar dapat diterima dan terbukti kebenarannya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.