PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS IKLAN PADA SISWA KELAS VIII

  • Olvyanti Ulina Hasugian Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Marlina Agkris Tambunan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univesitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Immanuel B.D Silitonga Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univesitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Junifer Siregar Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univesitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Vita Riahni Saragih Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univesitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Iklan Pada Siswa Kelas Viii Smp Swasta Cinta Rakyat 3 Pematangsiantar. Desain penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah desain pra-eksperimen yaitu desain desain 1 yaitu desain pra-test-pascatest dengan satu kelompok (one group pratest-posttest) karena desain 1 ini hanya melibatkan satu kelompok siswa dan seorang guru, desain ini akan tampak dapat mengendalikan perbedaan antar subyek serta variabel situasional. Berdasarkan data yang telah diperoleh serta pengujian hipotesis yang telah dilakukan, maka diambil kesimpulan sebagai berikut:Hasil keterampilan tes awal (pre-test) dalam kemampuan menulis iklan pada siswa kelas VIII-B SMP Swasta Cinta Rakyat 3 Pematangsiantar sebelum menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning kategori kurang. Dengan skor rata-rata 67,80. Sedangkan hasil sesudah menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam kategori baik. Dengan skor rata 75,61. Dari hasil analisis uji perbedaan mean pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan menulis iklan pada siswa kelas VIII SMP Swasta Cinta Rakyat 3 Pematangsiantar terdapat perbedaan kemampuan menulis iklan yang signifikan pada tingkat kepercayaan 95%. Thitung = 8,12 > ttabel = 1,697. Dengan demikian Model Pembelajaran Problem Based Learning efektif dapat digunakan dalam pembelajaran menulis iklan

Published
Jan 7, 2025
How to Cite
HASUGIAN, Olvyanti Ulina et al. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS IKLAN PADA SISWA KELAS VIII. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 1, jan. 2025. ISSN 2684-7973. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5240>. Date accessed: 12 jan. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5240.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>