PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS IKLAN PADA SISWA KELAS VIII
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Iklan Pada Siswa Kelas Viii Smp Swasta Cinta Rakyat 3 Pematangsiantar. Desain penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah desain pra-eksperimen yaitu desain desain 1 yaitu desain pra-test-pascatest dengan satu kelompok (one group pratest-posttest) karena desain 1 ini hanya melibatkan satu kelompok siswa dan seorang guru, desain ini akan tampak dapat mengendalikan perbedaan antar subyek serta variabel situasional. Berdasarkan data yang telah diperoleh serta pengujian hipotesis yang telah dilakukan, maka diambil kesimpulan sebagai berikut:Hasil keterampilan tes awal (pre-test) dalam kemampuan menulis iklan pada siswa kelas VIII-B SMP Swasta Cinta Rakyat 3 Pematangsiantar sebelum menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning kategori kurang. Dengan skor rata-rata 67,80. Sedangkan hasil sesudah menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam kategori baik. Dengan skor rata 75,61. Dari hasil analisis uji perbedaan mean pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan menulis iklan pada siswa kelas VIII SMP Swasta Cinta Rakyat 3 Pematangsiantar terdapat perbedaan kemampuan menulis iklan yang signifikan pada tingkat kepercayaan 95%. Thitung = 8,12 > ttabel = 1,697. Dengan demikian Model Pembelajaran Problem Based Learning efektif dapat digunakan dalam pembelajaran menulis iklan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.