PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS DESKRIPSI OLEH SISWA KELAS VII
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi Oleh Siswa Kelas Vii Smp Negeri 7 Pematangsiantar. Jenis penelitian yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuantitatif dengan menggunakan Designe Eksperimen One Group Pretest-postest. Berdasarkan hasil pengolahan data sehingga pengujian hipotesis, maka peneliti membuat kesimpulan sebagai berikut:Keterampilan siswa kelas VII SMP Negeri 7 Pematangsiantar dalam membaca pemahaman teks deskripsi sebelum penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) masih dikategori kurang/rendah. Keterampilan siswa VII SMP Negeri 7 Pematangsiantar dalam membaca pemahaman teks deskripsi sesudah penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) memiliki peningkatan, terlihat dari hasil pengolahan data dimana thitung = 5,34 > ttabel 1,696 sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.