POLA KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DIKANTOR KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG PROVINSI SUMATERA UTARA

  • Helen Vanhurk Sriwati Ningsih Sitorus Universitas Darma Agung
  • Yosua Pranata Universitas Darma Agung

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi organisasi di Kantor Kecamatan Sunggal dan saat kapan pola komunikasi itu digunakan, selain itu riset ini juga untuk mengetahui apa yang menjadi hambatan serta pendukung dalam meningkatkan pelayanan publik. Jenis penelitian ini menerapkan riset kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan pola komunikasi yang digunakan para pegawai ketika melaksanakan pekerjaannya sebagai pelayan publik. Data yang digunakan dengan menerapkan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang ditemukan pola komunikasi yang diterapkan pada kantor kecamatan sunggal adalah pola lingkaran dan pola roda. Pola komunikasi lingkaran di kantor kecamatan sunggal digunakan pada saat ada informasi dari pimpinan kepada bawahan.  Dalam meningkatkan pelayanan publik ada beberapa faktor pendukung yaitu: 1) hubungan yang personal, 2) waktu dan 3) fasilitas. Faktor penghambat dalam pelayanan public di kantor kecamatan sunggal adalah: kurang optimalnya fasilitas pendukung dan kondisi kerja.

Published
May 3, 2024
How to Cite
SITORUS, Helen Vanhurk Sriwati Ningsih; PRANATA, Yosua. POLA KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DIKANTOR KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG PROVINSI SUMATERA UTARA. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 2, p. 1024 - 1029, may 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4329>. Date accessed: 22 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i2.4329.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)