KOMUNIKASI ANTARPRIBADI GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM PENANGANAN PERILAKU SISWA INDISIPLINER DI SMP NEGERI 2 DARUL HASANAH KABUPATEN ACEH TENGGARA

  • Helen Vanhurk Sriwati Ningsih Sitorus Universitas Darma Agung
  • Cipta Agung Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian berjudul “Komunikasi Antarpribadi Guru Bimbingan Konseling Dalam Penanganan Perilaku Siswa Indisipliner di SMP Negeri 2 Darul Hasanah Kabupaten Tenggara“. Penelitian ini menganalisis tentang cara komunikasi antarpribadi guru dengan bimbingan konseling dalam penanganan perilaku siswa indisipliner di SMP Negeri 2 Darul Hasanah.Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi antarpribadi guru dengan bimbingan konseling dalam penanganan perilaku siswa indisipliner di SMP Negeri 2 Darul Hasanah, untuk mengetahui apa hambatan komunikasi antarpribadi guru dengan bimbingan konseling dalam penanganan perilaku siswa indisipliner di SMP Negeri 2 Darul Hasanah.Penelitian  menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru bimbingan konseling, dan tiga orang siswa SMP Negeri 2 Darul Hasanah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bimbingan konseling sudah menjalankan tugasnya sebagaimana mestinya.Guru bimbingan konseling memanggil siswa yang sering melanggar peraturan sekolah dan tentang peraturan kedisiplinan yang sudah ditetapkan di SMP Negeri 2 Darul Hasanah, namun tetap terdapat faktor – faktor yang menjadi pendukung dan penghambat komunikasi antarpribadi guru dengan bimbingan konseling dalam mengatasi siswa yang bermasalah. Kepala sekolah SMP Negeri 2 Darul Hasanah sudah bertanggung jawab dengan baik dalam pelaksanaan penanganan perilaku siswa indisipliner. Kegiatan yang dilakukan adalah pengawasan dan pengarahan perilaku indisipliner siswa SMP Negeri 2 Darul Hasanah. Kepala Sekolah dan Guru bimbingan konseling berupaya semaksimal mungkin dalam memantau siswa dan saling bekerja sama dengan sekolah lain dalam menjalankan program penanganan perilaku siswa indisipliner.

Published
Dec 26, 2023
How to Cite
SITORUS, Helen Vanhurk Sriwati Ningsih; AGUNG, Cipta. KOMUNIKASI ANTARPRIBADI GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM PENANGANAN PERILAKU SISWA INDISIPLINER DI SMP NEGERI 2 DARUL HASANAH KABUPATEN ACEH TENGGARA. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 6, p. 132 - 140, dec. 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3928>. Date accessed: 10 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i6.3928.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)