PERANAN PRAMBORS RADIO SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI MASSA DALAM MENYAMPAIKAN INFORMASI (STUDI DESKRIPTIF PADA MASYARAKAT DESA NAMO MBELIN DUSUN II KECAMATAN NAMORAMBE)

  • Helen Vanhurk Sriwati Ningsih Sitorus Universitas Darma Agung
  • Yolanda Kristine Sembiring Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peranan Prambors Radio sebagai salah satu sumber informasi yang berfungsi mengedukasi dan menghibur pendengar setianya.sekaligus juga untuk melihat respon dari pendengarnya terhadap lagu-lagu di Prambors Radio. Kualitatif menjadi pilihan metode yang digunakan dan dengan menggunakan  teknik analisis data observasi, wawancara dan dokumentasi. Uses and Gratifications sebagai teori dimana media dapat memuaskan kebutuhan yang diinginkan pendengar ataupun pengguna. Masyarakat Desa Namo Mbelin sebagai pengguna media komunikasi massa dan Prambors Radio sebagai media yang memenuhi kepuasan akan informasi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa Radio Prambors sebagai media komunikasi massa  mampu memberi kepuasan akan informasi kepada Masyarakat Desa Namo Mbelin Dusun II Kecamatan Namorambe. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa peranan prambors Radio sebagai salah satu media massa yang mampu menghibur dan menyampaikan informasi melalui acaranya yang banyak diminati telah menjadikannya menjadi Radio favorit kawula muda.

Published
Apr 21, 2022
How to Cite
SITORUS, Helen Vanhurk Sriwati Ningsih; SEMBIRING, Yolanda Kristine. PERANAN PRAMBORS RADIO SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI MASSA DALAM MENYAMPAIKAN INFORMASI (STUDI DESKRIPTIF PADA MASYARAKAT DESA NAMO MBELIN DUSUN II KECAMATAN NAMORAMBE). Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 30, n. 1, p. 246– 253, apr. 2022. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/1561>. Date accessed: 06 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v30i1.1561.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)