PENGARUH MOTIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SAMOSIR_INDAH TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DALAM MEMPEROLEH INFORMASI TENTANG SAMOSIR

  • Opindu Silalahi Universitas Darma Agung
  • Jannatun Nisa Universitas Darma Agung
  • Helen Vanhurk Sriwati Ningsih Sitorus Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini berjudul pengaruh motif penggunaan media sosial instagram @samosir_indah terhadap kepuasan wisatawan dalam memperoleh informasi tentang samosir.tujuan penelitian ini adalah Untuk menganalisis motif penggunaan media sosial instagram @samosir_indah oleh wisatawan dalam mencari informasi tentang samosir atau mengidentifikasi jenis informasi yang paling dicari oleh wisatawan melalui media sosial instagram @samosir_indah.penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif penggunaan media sosial Instagram @samosir_indah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan wisatawan dalam memperoleh informasi tentang Samosir. Motif penggunaan seperti hiburan, kebutuhan sosial, dan pencarian informasi secara positif berkontribusi terhadap kepuasan wisatawan. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan media sosial Instagram @samosir_indah dapat menjadi sumber informasi yang penting bagi wisatawan yang tertarik dengan Samosir.Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami pengaruh motif penggunaan media sosial Instagram terhadap kepuasan wisatawan dalam konteks Samosir. Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh pihak terkait, seperti pengelola destinasi wisata dan pemasar, untuk memperbaiki strategi penggunaan media sosial dalam mempromosikan informasi tentang Samosir kepada wisatawan.

Published
Apr 30, 2024
How to Cite
SILALAHI, Opindu; NISA, Jannatun; SITORUS, Helen Vanhurk Sriwati Ningsih. PENGARUH MOTIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SAMOSIR_INDAH TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DALAM MEMPEROLEH INFORMASI TENTANG SAMOSIR. JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 1 - 13, apr. 2024. ISSN 2720-9822. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/socialopinion/article/view/4367>. Date accessed: 18 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/socialopinion.v8i1.4367.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)