STRATEGI KOMUNIKASI PUBLIK MERYL ROULI SARAGIH DALAM MEMBANGUN PEMAHAMAN POLITIK BAGI GEN Z PADA PEMILIHAN LEGISLATIF DPRD SUMUT TAHUN 202

  • Ramolo Berutu Universitas Darma Agung
  • Daniel P Bangun Universitas Darma Agung
  • Yosua Pranata Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi komunikasi publik yang digunakan oleh Meryl Rouli Saragih dalam membangun pemahaman politik bagi generasi Z dalam pemilihan legislatif DPRD Sumatera Utara tahun 2024. Generasi Z, yang terdiri dari individu yang lahir antara tahun 1997 hingga 2012, memiliki kepentingan dan karakteristik yang berbeda dalam konteks politik. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi terkait strategi komunikasi yang dilakukan oleh Meryl Rouli Saragih. Data yang terkumpul kemudian dianalisis untuk mengidentifikasi strategi yang digunakan dalam membangun pemahaman politik bagi generasi Z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Meryl Rouli Saragih mengimplementasikan berbagai strategi komunikasi publik yang efektif. Ia menggunakan media sosial, kampanye langsung, diskusi interaktif, dan partisipasi dalam acara pemuda untuk mencapai generasi Z. Meryl Rouli Saragih juga memahami pentingnya menggunakan bahasa yang sesuai dan konten yang relevan bagi generasi Z dalam menyampaikan pesan politiknya. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang strategi komunikasi publik yang efektif bagi generasi Z dalam pemilihan legislatif. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya memperhatikan karakteristik generasi Z dalam merancang strategi komunikasi politik yang memungkinkan pemahaman politik yang lebih baik dan meningkatkan partisipasi generasi muda dalam proses politik.

Published
Oct 31, 2023
How to Cite
BERUTU, Ramolo; BANGUN, Daniel P; PRANATA, Yosua. STRATEGI KOMUNIKASI PUBLIK MERYL ROULI SARAGIH DALAM MEMBANGUN PEMAHAMAN POLITIK BAGI GEN Z PADA PEMILIHAN LEGISLATIF DPRD SUMUT TAHUN 202. JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 151 - 160, oct. 2023. ISSN 2720-9822. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/socialopinion/article/view/3937>. Date accessed: 02 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/socialopinion.v7i2.3937.
Section
Articles