PERAN PEMERINTAH DESA DALAM MELESTARIKAN KEBUDAYAAN NIAS DI DESA HILIGAMBUKHA KECAMATAN LAHUSA KABUPATEN NIAS SELATAN TAHUN 2023

  • Bazoloo Harefa Universitas Darma Agung
  • Kurnia Ros Meiwati Hia Universitas Darma Agung
  • Alimin Purba Universitas Darma Agung
  • Murni Naiborhu Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengamati “Peran Pemerintah Desa Dalam Melestarikan Kebudayaan Nias Di Desa Hiligambukha Kecamatan Lahusa Kabupaten Nias Selatan” apakah sudah atau tidak terlaksana dengan baik. Karena perubahan dalam kebudayaan, merupakan ruang lingkup dalam mencakup semua bagian aspek kehidupan yaitu kesenian, pengetahuan, dan lain sebagainya menjadi bagian dari budaya tersebut tidak terlepas dari kehidupan sosial dalam beradabtasi dengan masyarakat lain. Tidak semua menentuka garis pemisah antara perubahan sosial dengan perubahan budaya. Tidak ada manusia yang tidak memiliki kebudayaan dan tidak mungkin ada kebudayaan yang tidak terjelma dalam masyarakat. Perubahan sosial dan kebudayaan memiliki aspek yang sama, yaitu keduanya saling bersangkut paut dengan suatu perubahan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Baik kebutuhan rohani, sosial, dan kebutuhan jasmani. Selanjutnya, membahas tentang konsep dan cara dalam melakukan penelitian serta bentuk/metode penelitian yang di gunakan ialah metode kualitatif di namakan  sebagai metode penelitian tradisional. Dalam melakukan penelitian  ini, peneliti membuat rancangan mengumpulkan data dengan teknik observasi, wawancara, studi kasus, dan dokumentasi.  Metode ini sudah cukup lama di gunakan sehingga sudah menjadi tradisi sebagai metode yang mudah untuk melakukan penelitian. Sesuai hasil penelitian yang di lakukan di lapangan, masyarakat desa Hiligambukha sudah merasakan peran pemerintah desa dalam melestarikaan kebudayaan Nias khususnya tari perang (tari baluse). Pelaksanan perlestaian budaya di desa Hiligambukha, pemerintahan desa hiligambukha sudah menjalankan perannya sebagai administraktor dalam berbagai instruksi untuk meningkatkan partisipasi dan kesadaran masyarakat desa Hiligambukha dalam melestarikan budaya Nias.

Published
Jun 18, 2024
How to Cite
HAREFA, Bazoloo et al. PERAN PEMERINTAH DESA DALAM MELESTARIKAN KEBUDAYAAN NIAS DI DESA HILIGAMBUKHA KECAMATAN LAHUSA KABUPATEN NIAS SELATAN TAHUN 2023. JURNAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 38 - 45, june 2024. ISSN 2088-8376. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/4551>. Date accessed: 03 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ppkn.v6i1.4551.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>