HUBUNGAN KREATIVITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS XI MIA 1 SMA SWASTA GKPI PADANG BULAN MEDAN SEMESTER GANJIL T.A 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kreativitas belajar dengan hasil belajar PKn siswa kelas XI MIA 1 SMA Swasta GKPI Medan semester ganjil T.A 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIA 1 SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan semester ganjil T.A 2020/2021, sampel dalam penelitian ini sebanyak populasi yang berjumlah 30 dengan menggunakan sampel total. Alat pengumpulan data dalam penelitian menggunakan angket dan dokumentasi, untuk kreativitas belajar berjumlah 15 item, yang terdiri dari empat option, yang sudah terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas, untuk hasil belajar menggunakan dokumentasi daftar kumpulan nilai siswa (DKNS). Hasil uji persyaratan analisis normalitas data kreativitas belajar siswa berdistribusi normal. Hasil uji linearitas kreativitas belajar dengan hasil belajar PKn siswa adalah linear, dengan persamaan Y = 75,62+ 0,03X dikonsultasikan dengan Fhitung> Ftabel (28>4,20). Hasil uji kecenderungan kreativitas belajar dan hasil belajar PKn cenderung sedang. Berdasarkan hasil analisis koefisien korelasi X dan Y diperoleh rhitung < rtabel, dan dilanjutkan uji “t” diperoleh thitung= 4,11 dan ttabel= 1,69 (thitung> ttabel) disimpulkan ada hubungan yang signifikan antara kreativitas belajar dengan hasil belajar PKn siswakelas XI MIA 1 SMA Swasta GKPI padang Bulan Medan semester ganjil T.A 2020/2021