PERANAN PENDIDIKAN DALAM LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN KARAKTER SISWA DI SMA HANG TUAH BELAWAN KECAMATAN MEDAN BELAWAN T.P 2019/2020

  • Murni Naiborhu Universitas Darma Agung
  • Evi Liaty Siburian Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara Pendidikan Dalam Lingkungan Keluarga dengan Karakter Siswa di SMA Hang Tuah Belawan Kecamatan Medan Belawan T.P 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi  dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMA Hang Tuah Belawan sebanyak 705 siswa, Sampel dalam penelitian ini sebanyak 195 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan tabel Issac dan Michael. Alat pengumpulan data menggunakan angket, untuk Pendidikan Dalam Lingkungan Keluarga berjumlah 19 item, dan Karakter Siswa 17 item yang terdiri atas 4 option yang sudah terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji normalitas data Pendidikan Dalam Lingkungan Keluarga (X) di SMA Hang Tuah Belawan Kecamatan Medan Belawan T.P 2019/2020 berdistribusi normal dengan hasil Xh2 < Xt2 (15,04< 228,57). Data Karakter Siswa (Y) SMA Hang Tuah Belawan Kecamatan Medan Belawan T.P 2019/2020 berdistribusi normal dengan hasil Xh< Xt2 (23,70< 228,57). Hasil uji linearitas data Pendidikan Dalam Lingkungan Keluarga dengan Karakter Siswa di SMA Hang Tuah Belawan Kecamatan Medan Belawan T.P 2019/2020 adalah linear dengan persamaan Y = 53,458 + 0,888X dikonsultasikan dengan Fh> Ft                    (193,01> 3,89).Hasil uji kecenderungan Pendidikan Dalam Lingkungan Keluarga (X) dikategorikan sedang (26,15%), Hasil uji kecenderungan Karakter Siswa (Y) dikategorikan sedang (23,07%). Berdasarkan  hasil analisis koefisien korelasi X dan Y di peroleh rhitung  = 0,972 rtabel= 0,140 (0,972> 0,140). Hal ini menunjukkan ada hubungan antara Pendidikan Dalam Lingkungan Keluarga dengan Karakter siswa di SMA Hang Tuah Belawan Kecamatan Medan Belawan T.P 2019/2020, dengan menggunakan uji “t” diperoleh thitung= 57,71 ttabel= 1,65 (thitung >ttabel) (57,71 > 1,65), Hal ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara Pendidikan Dalam Lingkungan Keluarga dengan Karakter siswa di SMA Hang Tuah Belawan Kecamatan Medan Belawan T.P 2019/2020.

Published
Jun 12, 2020
How to Cite
NAIBORHU, Murni; SIBURIAN, Evi Liaty. PERANAN PENDIDIKAN DALAM LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN KARAKTER SISWA DI SMA HANG TUAH BELAWAN KECAMATAN MEDAN BELAWAN T.P 2019/2020. JURNAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 37-53, june 2020. ISSN 2088-8376. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/541>. Date accessed: 03 dec. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>