HUBUNGAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN REVOLUSI MENTAL SISWA KELAS XISEMESTER GANJILSMA ETISLANDIA MEDAN T.A 2019/2020

  • Alimin Purba Universitas Darma Agung
  • Amelya Z. Sitepu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan pendidikan karakter dalam lingkungan keluarga dengan revolusi mental siswa kelas XIsemester GanjilSMA Etislandia Medan T.A. 2019/2020Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XISemester GanjilSMA Etislandia Medan T.A 2019/2020 yang berjumlah 40 Orang. Karna jumlah populasi hanya 40 orang  maka keseluruhan populasi dijadikan sampel. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket yang berjumlah  20 Item setiap variabel dengan total keseluruhan 40 Item dan terdiri dari 4 option yaitu a, b, c, d. yang sebelumnya telah diujicobakan ke kelas XII untuk mengetahui validitas dan reliabilitas.Hasil uji persyaratan analisis normalitas data pendidikan karakter dalam lingkungan keluarga berdistribusi normal dengan perhitungan  X2hitung<X2tabel(10.2<55.8) pada taraf signifikan 5%. Data normalitas revolusi mental siswa kelas XI SMA Etislandia Medan T.A 2019/2020 berdistribusi normal dengan perhitungan bahwa X2hitung <X2tabel (0.17< 55.8 )pada taraf signifikan 5%. Hasil persyaratan analisis uji linieritas data pendidikan karakter dalam lingkungan keluarga dengan revolusi mental  siswa adalah linier dengan persamaan Y = 15.521 + 0.723 dikonsultasikan dengan Fhitung, diperolehFhitung>Ftabel(38.00 >0,026).Uji kecenderungan menunjukkan pendidikan karakter dalam lingkungan keluarga dikategorikan cenderung baik (57.5%), dan revolusi mental siswa  cenderung baik (50%). Hasil analisis koefisien korelasi diperoleh  rhitung= 0.580 dengan mengkonsultasikan terhadap nilai rtabelpada taraf signifikan 5% dengan jumlah responden 40 orang, diperoleh rtabel= 0.312 (rhitung>rtabel) hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara pendidikan karakter dalam lingkungan keluarga dengan revolusi mental siswa. Untuk menguji taraf signifikan hubungan kedua variable tersebut  dilanjut-kan dengan uji t. Berdasarkan hasil uji t diperoleh harga thitung = 5.39 dan ttabel      = 1.70 pada taraf signifikan 5% N = 40 Karna thitung> ttabel(5,39 > 1.70) hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pendidikan karakter dalam lingkungan keluarga dengan revolusi mental siswa kelas XISemester GanjilSMA Etislandia Medan T.A 2019/2020.

Published
Jun 12, 2020
How to Cite
PURBA, Alimin; SITEPU, Amelya Z.. HUBUNGAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN REVOLUSI MENTAL SISWA KELAS XISEMESTER GANJILSMA ETISLANDIA MEDAN T.A 2019/2020. JURNAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 76-89, june 2020. ISSN 2088-8376. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/543>. Date accessed: 05 july 2020.
Section
Articles