HUBUNGAN PEMAHAMAN SILA KE EMPAT PANCASILA DENGAN SIKAP DEMOKRATIS MASYARAKAT DESA LAENUAHA KECAMATAN SIEMPATNEMPUHULU TAHUN 2020

  • Murni Naiborhu Universitas Darma Agung
  • Lestari Siburian
  • Yarman Hulu

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmengetahuihubungan yangsignifikanantara Pemahaman Sila Ke Empat Pancasila Dengan Sikap Demokratis Masyarakat Desa Lae Nuaha Kecamatan Siempatnempu Hulu Tahun 2020. Jenispenelitianiniadalahdeskriptif  korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang telah berusia 17 tahun ke atas di Desa Lae Nuaha Kecamatan Siempatnempu Hulu Tahun 2020 sebanyak 1.101 orang,sampel dalam penelitian ini sebanyak 217 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan tabel krejie.Alat pengumpulan data menggunakan angket,untuk Pemahaman Sila Ke Empat Pancasila berjumlah 15 item, dan Sikap Demokratis Masyarakat berjumlah 15 item yang terdiri dari 4 option yang sudah terlebih dahulu di uji validitas dan reliabilitasnya. Hasiluji persyaratan analisis normalitas data Pemahaman Sila Ke Empat Pancasila berdistribusi normal dan data Sikap Demokratis Masyarakat berdistribusi normal. Hasil uji linearitas data Pemahaman Sila Ke Empat Pancasila Dengan Sikap Demokratis Masyarakat adalah linear. Hasil uji kecenderungan Pemahaman Sila Ke Empat Pancasila dikategorikan sedang. Hasil uji kecenderungan Sikap Demokratis Masyarakat dikategorikan sedang. Berdasarkan  hasil analisis koefisien korelasi  X dan Y di peroleh rhitung > rtabel . Hal ini menunjukkan ada hubungan antara Pemahaman Sila Ke Empat Pancasila Dengan Sikap Demokratis Masyarakat Desa Lae Nuaha Kecamatan Siempatnempu Hulu Tahun 2020, dengan menggunakan uji “t” diperoleh thitung >  ttabel . Hal ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara Pemahaman Sila Ke Empat Pancasila Dengan Sikap Demokratis Masyarakat Desa Lae Nuaha Kecamatan Siempat nempu Hulu Tahun 2020.

Published
Jan 18, 2021
How to Cite
NAIBORHU, Murni; SIBURIAN, Lestari; HULU, Yarman. HUBUNGAN PEMAHAMAN SILA KE EMPAT PANCASILA DENGAN SIKAP DEMOKRATIS MASYARAKAT DESA LAENUAHA KECAMATAN SIEMPATNEMPUHULU TAHUN 2020. JURNAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 168- 174, jan. 2021. ISSN 2088-8376. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/867>. Date accessed: 15 may 2021.
Section
Articles