HUBUNGAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN REVOLUSI MENTAL SISWA KELAS X SEMESTER II SMA ETIS LANDIA MEDAN T.A 2017/2018

  • Alimin Purba Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan pendidikan karakter dalam lingkungan keluarga dengan revolusi mental siswa kelas X semester genap SMA Etis Landia Medan T.A. 2017/2018 .Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Etis Landia Medan T.A 2015/2016 yang berjumlah 40 siswa. Karna jumlah populasi hanya 40 orang  maka keseluruhan populasi dijadikan sampel. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket yang berjumlah  20 soal setiap variabel dengan total keseluruhan 40 soal dan terdiri dari 4 option yaitu a, b, c, d. yang sebelumnya telah diujicobakan ke kelas XI untuk mengetahui validitas dan reliabilitas. Hasil uji persyaratan analisis normalitas data pendidikan karakter dalam lingkungan keluarga berdistribusi normal dengan perhitungan  X2hitung< X2tabel(10.2<55.8) pada taraf signifikan 5%. Data normalitas revolusi mental siswa kelas X SMA Etis Landia Medan T.A 2017/2018 berdistribusi normal dengan perhitungan bahwa X2hitung < X2tabel (0.17< 55.8 )pada taraf signifikan 5%. Hasil persyaratan analisis uji linieritas data pendidikan karakter dalam lingkungan keluarga dengan revolusi mental  siswa adalah linier dengan persamaan Y = 15.521 + 0.723 dikonsultasikan dengan Fhitung, diperolehFhitung>Ftabel(38.00 >0,026).Uji kecenderungan menunjukkan pendidikan karakter dalam lingkungan keluarga dikategorikan cenderung baik (57.5%), dan revolusi mental siswa menunjukkan cenderung baik (50%). Hasil analisis koefesien korelasi diperoleh  rhitung= 0.580 dengan mengkonsultasikan terhadap nilai rtabelpada taraf signifikan 5% dengan jumlah responden 40 orang, diperoleh rtabel= 0.312 (rhitung>rtabel) hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara pendidikan karakter dalam lingkungan keluarga dengan revolusi mental siswa.  Untuk menguji taraf signifikan hubungan kedua variable tersebut  dilanjut-kan dengan uji t. Berdasarkan hasil uji t diperoleh harga thitung = 5.39 dan ttabel      = 1.70 pada taraf signifikan 5% N = 40 Karna thitung> ttabel(5,39 > 1.70) hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pendidikan karakter dalam lingkungan keluarga dengan revolusi mental siswa kelas X semester ganap SMA Etis Landia Medan T.A 2017/2018.

Published
Apr 5, 2019
How to Cite
PURBA, Alimin. HUBUNGAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN REVOLUSI MENTAL SISWA KELAS X SEMESTER II SMA ETIS LANDIA MEDAN T.A 2017/2018. JURNAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 16-23, apr. 2019. ISSN 2088-8376. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/151>. Date accessed: 21 nov. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>