EKSPLORASI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SEBAGAI ALAT PEMBELAJARAN YANG INTERAKTIF: PERSPEKTIF GURU DAN SISWA KELAS III

  • Radode Kristianto Simarmata Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Riris Sigiro Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas HKBP Nmmensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Armandos Nadeak Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas HKBP Nmmensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Meilany Dabukke Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas HKBP Nmmensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Windi Sijabat Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas HKBP Nmmensen Pematangsiantar, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perspektif dari guru dan siswa kelas III SDN 124385 Pematangsiantar tentang penggunaan media gambar sebagai alat pembelajaran yang interaktif. Jenis ini adalah kualitatif dengan metode deksriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa benar media gambar merupakan alat pembelajaran yang interaktif. Sebab dari perspektif guru maupun siswa menunjukkaan antusias dalam mengajarkan dan menerima pembelajaran dnegan penggunaan media gambar sebagai media pembelajaran. Hal ini diperkuat oleh argumen wali kelas yang mengatakan bahwa media gambar dapat membawa siswa ke prestasi yang lebih baik

Published
Dec 23, 2024
How to Cite
SIMARMATA, Radode Kristianto et al. EKSPLORASI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SEBAGAI ALAT PEMBELAJARAN YANG INTERAKTIF: PERSPEKTIF GURU DAN SISWA KELAS III. Jurnal Teknologi Mesin UDA, [S.l.], v. 2, n. 2, dec. 2024. ISSN 2776-2068. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/teknologimesin/article/view/5591>. Date accessed: 16 apr. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/teknologimesin.v2i2.5591.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)