MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA PESERTA DIDIK KELAS II
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kerjasama dengan melihat minat belajar matematika siswa kelas II SD 124388 Jalan Rakutta Sembiring Brahmana setelah dilaksanakannya model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau Classroom Actions Research (CAR). Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan kerjasama siswa di dalam kelas dalam proses pembelajaran kelas II SD 124388 Jalan Rakutta Sembiring Brahmana. Pencapaian nilai rata-rata minat belajar yang diukur menggunakan skala minat mengalami peningkatan dari siswa yang memperoleh nilai terendah yaitu 75 dan nilai tertinggi yaitu 90, dengan nilai rata–rata adalah 78.8 Sehingga dapat peneliti simpulkan pada pelaksanaan perbaikan pembelajaran ini sudah mendapatkan hasil yang diharapkan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.