UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V

  • Radode Kristianto Simarmata Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Silviantika Batubara Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Lely Afriani Lumban Raja Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Gaby Margareth Manurung Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Mahendra Julvikar Julvikar Siregar Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui penggunaan media gambar pada siswa kelas V di UPTD SD Negeri 124398.  Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart, yang terbagi dalam empat tahap: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 22 siswa kelas V di UPTD SD Negeri 124398. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dalam pembelajaran IPA, khususnya materi alat peredaran darah pada manusia, berdampak positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Pada tahap awal, nilai rata-rata pretest siswa adalah 55 dengan persentase ketuntasan 63,6%. Setelah pelaksanaan siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 72 dengan persentase ketuntasan mencapai 77,30%.  Pada siklus II, terjadi peningkatan signifikan dengan nilai rata-rata 82,7 dan persentase ketuntasan mencapai 100%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dalam pembelajaran IPA dapat menjadi strategi efektif untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa kelas V di UPTD SD Negeri 124398.

Published
Dec 20, 2024
How to Cite
SIMARMATA, Radode Kristianto et al. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 2, dec. 2024. ISSN 2684-7973. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5150>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5150.