PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN SISWA DI SDN 091350 TIGARUNGGU

  • Radode Kristianto Simarmata Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Zelonika Butar-Butar Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Friska Hutagalung Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Jesica Butar-Butar Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Elperida br. Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Noharni Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Abstract

Artikel ini mengulas pentingnya peran kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan kualitas proses belajar siswa. Guru yang mampu mengorganisir pembelajaran, memahami karakteristik siswa, merancang dan melaksanakan pembelajaran, serta mengevaluasi hasilnya memiliki dampak yang signifikan terhadap mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menggali peran penting kompetensi pedagogik dalam meningkatkan standar pendidikan. Data untuk artikel ini dikumpulkan dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, majalah, internet, dan lain-lain. Artikel ini menekankan pentingnya mengikuti standar kompetensi pedagogik yang telah ditetapkan untuk membantu guru meningkatkan kualitas pengajaran. Dengan mengembangkan perangkat pembelajaran, keterampilan profesional, karakter yang baik, dan kemampuan komunikasi sosial dengan masyarakat sekitar sekolah, guru dapat secara efektif meningkatkan hasil belajar siswa.

Published
Jan 17, 2025
How to Cite
SIMARMATA, Radode Kristianto et al. PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN SISWA DI SDN 091350 TIGARUNGGU. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 2, jan. 2025. ISSN 2684-7973. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5319>. Date accessed: 22 jan. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5319.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)