PENGARUH MODEL PEMBELAJARANPROBLEM BASED LEARNING(PBL) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh Pengaruh Model Pembelajaranproblem Based Learning(Pbl) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas Viii Smp Negeri 7 Pemantangsiantar. Penelitian yang akan dilakukan dalam ini adalah penelitian eksperimen kuantitatif dengan menggunakan Design Eksperimen One GrupPretest – postest. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di smp negeri 7 Pematangsiantar yang beralamat: Jalan Sisingamangaraja nomor 20,Sigulang-gulang, Kec. Siantar Utara, Kota Pematangsiantar, Provinsi Sumatra Utara.. Berdasarkan hasil pengolahan data hingga pengujian hipotensis, maka penelitian membuat kesimpulan sebagai berikut.Kemampuan menulis siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Pemantangsiantar dalam menilis teks berita sebelum menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terlihat bahwa masih dikategorikan kurang atau rendah.Kemampuan siswa kelas SMP Negeri 7 Pemantangsiantar dalam menggunakan model pembelajaran sesudah menggunakan Problem Based Learning (PBL) memiliki peningkatan, terlihat dari hasil pengelolahan data t hitung = 6,15 > t tabel = 1,70 sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima dikarenakan memiliki rata-rata Pre-tes 52,53 dan Pos-tes memiliki rata-rata 73,14. Terdapat signifikan kemampuan menulis teks berita sebelun dan sesudah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).