PENGARUH MODEL PEMBELAJARANPROBLEM BASED LEARNING(PBL) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII

  • Magdalena Simorangkir Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Imu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Jumaria Sirait Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Imu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Marlina Agkris Tambunan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Imu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Junifer Siregar Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Imu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Vita Riahni Saragih Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Imu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh Pengaruh Model Pembelajaranproblem Based Learning(Pbl) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas Viii  Smp Negeri 7 Pemantangsiantar. Penelitian yang akan dilakukan dalam ini adalah penelitian eksperimen kuantitatif dengan menggunakan Design Eksperimen One GrupPretest – postest. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di smp negeri 7 Pematangsiantar yang beralamat: Jalan Sisingamangaraja nomor 20,Sigulang-gulang, Kec. Siantar Utara, Kota Pematangsiantar, Provinsi Sumatra Utara..  Berdasarkan hasil pengolahan data hingga pengujian hipotensis, maka penelitian membuat kesimpulan sebagai berikut.Kemampuan menulis siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Pemantangsiantar dalam menilis teks berita sebelum menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terlihat bahwa masih dikategorikan kurang atau rendah.Kemampuan siswa kelas SMP Negeri 7 Pemantangsiantar dalam menggunakan model pembelajaran sesudah menggunakan Problem Based Learning (PBL) memiliki peningkatan, terlihat  dari hasil pengelolahan data t hitung = 6,15 > t tabel = 1,70 sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima dikarenakan memiliki rata-rata Pre-tes 52,53 dan Pos-tes memiliki rata-rata 73,14. Terdapat signifikan kemampuan menulis teks berita sebelun dan sesudah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).

Published
Jan 10, 2025
How to Cite
SIMORANGKIR, Magdalena et al. PENGARUH MODEL PEMBELAJARANPROBLEM BASED LEARNING(PBL) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 2, jan. 2025. ISSN 2684-7973. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5259>. Date accessed: 13 jan. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5259.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)