HUBUNGAN PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII

  • Siska Oktafia Sinaga Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Jumaria Sirait Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Imu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Marlina Agkris Tambunan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Imu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Junifer Siregar Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Imu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Vita Riahni Saragih Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Imu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsisiswa Kelas Vii Smp Negeri 7 Pematangsiantar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitaf, yaitu penelitian yang menggambarkan menggambarkan kondisi atau perisitiwa secara sitematis,aktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan atau fenomena yang diselidiki dengan menggunakan perhitungan statistik. Berdasarkan data yang telah diperoleh serta pengujian hipotesis yang telah dilakukan, maka diambil kesimpulan sebagai berikut : Proses pelaksanaan gerakan literasi sekolah di SMP Negeri 7 Pematangsiantar dilakukan setiap hari Selasa pagi sebelum siswa memasuki ruangan kelas. Kegiatan literasi ini dilakukan dan dipandu secara bergantian setiap minggunya sesuai dengan jadwal kegiatan literasi per mata pelajaran. Jenis literasi yang ada di sekolah tersebut adalah literasi baca tulis dan numerasi. Hasil skor nilai pada aspek penilaian menulis keterampilan menulis teks deskripsi pada kelas yang menggunakan program gerakan literasi sekolah 3 siswa memperoleh nilai 56-74 dengan persentase 9,38% kategori cukup, 17 siswa memperoleh nilai 75-85 dengan persentase 53,13% kategori baik, dan 12 siswa memperoleh nilai 86-100 dengan persentase 37,50% kategori sangat baik. Dengan diketahui hasil persentase yang tertinggi sampai yang terendah yaitu struktur 27,07%, kalimat 26,09%, kosakata 24,14%, ejaan dan tanda baca 22,68%.Dari analisis yang sudah dilakukan dan sudah teruji secara statistik bahwa rh lebih besar dari rt (0669, > 0,349) menyebabkan H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hubungan program gerakan literasi sekolah terhadap keterampilan menulis siswa kelas VII SMP Negeri 7 Pematangsiantar.

Published
Jan 11, 2025
How to Cite
SINAGA, Siska Oktafia et al. HUBUNGAN PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 2, jan. 2025. ISSN 2684-7973. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5261>. Date accessed: 13 jan. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5261.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)