ANALISIS SEMIOTIKA PADA BUDAYA PATRIARKI DALAM FIM “NGERI-NGERI SEDAP” KARYA BENE DION TAHUN 2022 (SEMIOTIKA CHANDERS SANDERS PIERCE )

  • Febriana Hutagaol Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Imu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Jumaria Sirait Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Imu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Junifer Siregar Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Imu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Marlina Agkris Tambunan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Imu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Immanuel D B. Silitonga Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Imu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Analisis Semiotika Pada Budayapatriarki Dalam Fim “Ngeri-Ngeri Sedap” Karya Bene Dion Tahun 2022 (Semiotika Chanders Sanders Pierce ). Dalam peneitian ini peneiti menggunakan peneitian kualitatif. Dalam peneitian ini subjek peneitian nya adalah scene-scene pada film “Ngeri-Ngeri Sedap” yang mencangkup tentang budaya patriarki. Sedangkan objek dalam peneitian ini adalah film “Ngeri-Ngeri Sedap” yang berdurasi kurang lebih 114 menit yang tayang perdana pada 2 Juni 2022.Peneitian ini menemukan berbagai bentuk representasi patriarki dalam film Ngeri-Ngeri Sedap. Bentuk patriarki subordinasi terlihat di adegan Gambar 1 dan Gambar 2, di mana patriarki ditampilkan mealui tindakan Pak Domu terhadap Mak Domu. Terdapat tanda-tanda yang menggambarkan unsur patriarki yang dilakukan oleh tokoh ayah terhadap istri dan anak-anaknya dalam film Ngeri-Ngeri Sedap. Analisis film ini menggunakan pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce yang mencakup tiga eemen utama: tanda, objek, dan interpretant. Representasi patriarki ini disampaikan mealui unsur verbal dan non-verbal seperti tindakan, dialog, penampilan, dan lainnya. Unsur-unsur tersebut tercermin dalam tanda dan objek yang menggambarkan dominasi patriarki Pak Domu, seperti dalam komunikasi dan ekspresi wajahnya. Ada setidaknya 9 adegan yang mewakili dua bentuk patriarki, yaitu subordinasi dan marginalisasi. Analisis ini menunjukkan bahwa mealui semiotika Charles Sanders Peirce, tanda-tanda dalam karya film dapat memiliki makna yang mendalam dan dapat dianalisis untuk menemukan bentuk patriarki dalam film Ngeri-Ngeri Sedap

Published
Dec 24, 2024
How to Cite
HUTAGAOL, Febriana et al. ANALISIS SEMIOTIKA PADA BUDAYA PATRIARKI DALAM FIM “NGERI-NGERI SEDAP” KARYA BENE DION TAHUN 2022 (SEMIOTIKA CHANDERS SANDERS PIERCE ). JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 2, dec. 2024. ISSN 2684-7973. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5168>. Date accessed: 13 jan. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5168.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)