@article{jurnalrectum, author = {Magdalena Simorangkir and Jumaria Sirait and Marlina Tambunan and Junifer Siregar and Vita Saragih}, title = { PENGARUH MODEL PEMBELAJARANPROBLEM BASED LEARNING(PBL) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII}, journal = {JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana}, volume = {4}, number = {2}, year = {2025}, keywords = {}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh Pengaruh Model Pembelajaranproblem Based Learning(Pbl) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas Viii Smp Negeri 7 Pemantangsiantar. Penelitian yang akan dilakukan dalam ini adalah penelitian eksperimen kuantitatif dengan menggunakan Design Eksperimen One GrupPretest – postest. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di smp negeri 7 Pematangsiantar yang beralamat: Jalan Sisingamangaraja nomor 20,Sigulang-gulang, Kec. Siantar Utara, Kota Pematangsiantar, Provinsi Sumatra Utara.. Berdasarkan hasil pengolahan data hingga pengujian hipotensis, maka penelitian membuat kesimpulan sebagai berikut.Kemampuan menulis siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Pemantangsiantar dalam menilis teks berita sebelum menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terlihat bahwa masih dikategorikan kurang atau rendah.Kemampuan siswa kelas SMP Negeri 7 Pemantangsiantar dalam menggunakan model pembelajaran sesudah menggunakan Problem Based Learning (PBL) memiliki peningkatan, terlihat dari hasil pengelolahan data t hitung = 6,15 > t tabel = 1,70 sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima dikarenakan memiliki rata-rata Pre-tes 52,53 dan Pos-tes memiliki rata-rata 73,14. Terdapat signifikan kemampuan menulis teks berita sebelun dan sesudah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).}, issn = {2684-7973}, doi = {10.46930/jurnalrectum.v4i2.5259}, url = {https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5259} }