PENERAPAN METODE BELAJAR SAMBIL BERMAIN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III
Abstract
Kebanyakan orang tidak suka dengan mata pelajaran matematika dan dianggap menjadi pelajaran yang sulit untuk dimengerti. Kurangnya penggunaan metode dalam pembelajaran matematika menjadi salah satu penyebab dari kurangnya motivasi untuk belajar matematika. Dalam hal meningkatkan motivasi belajar siswa peran guru sangat diperlukan dalam merancang proses pembelajaran matematika yang menarik dan dapat meningkatkan minat belajar siswa. Metode bermain adalah satu metode yang cocok untuk diterapkan pada masalah ini. Belajar matematika sambil bermain dapat meningkatkan motivasi siswa terhadap pembelajaran matematika, untuk mengetahui bahwa penggunaan metode belajar sambil bermain efektif diterapkan di sekolah dasar dan dapaat membantu dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, maka dilakukan penelitian ini. Jenis penelitian ini dilakukan dengan penelitian kualitatif dan dengan cara observasi. Penerapan metode bermain sambil belajar ternyata efektif digunakan dalam meningkatkan motivasi belajar matematika siswa, hal ini terlihat dari partisipasi siswa selama mengikuti proses pembelajaran. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa metode bermain sambil belajar berhasil dan efektif untuk meningkat motivasi siswa sekolah dasar terhadap matematika.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.