PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN PHET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GELOMBANG KELAS XI SMA SWASTA GAJAH MADA MEDAN T.P.2022/2023

  • Marniati Zai Universitas Darma Agung
  • Yurniwati Tafonao Universitas Darma Agung
  • Irwan Susanto Universitas Darma Agung
  • Rameyanti Tampubolon Universitas Darma Agung
  • Dede Parsaoran Damanik Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak luas penggunaan model penguasaan kooperatif tipe Jigsaw berbantuan PheT terhadap hasil pengenalan perhatian siswa pada kehebatan XI SMA Gajah Mada Medan T.P. 2022/2023. Bentuk penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA di SMA Swasta Gajah Mada Medan T.P. 2022/2023. Sampel pada penelitian ini diambil dengan menggunakan cluster random sampling yaitu kelas eksperimen sebanyak 30 mahasiswa diimplementasikan ke model penguasaan kooperatif Jigsaw berbantuan PhET dan kelas kontrol sebanyak 28 mahasiswa diimplementasikan ke versi DI. Alat bantu observasi ini menggunakan tes esai dengan sepuluh pertanyaan terbukti yang digunakan dalam penelitian ini. Rata-rata skor pre-test kelas eksperimen menjadi 32,89 dengan deviasi normal sebesar 2,99 dan rata-rata skor pasca tes menjadi 84,33 dengan deviasi normal sebesar 2,72. Angka-angka tersebut didasarkan sepenuhnya pada temuan penelitian. Peringkat pretest yang disarankan dan deviasi yang diinginkan untuk gaya manipulasi masing-masing adalah 35,44 dan 3,82, dan peringkat posttest yang dimaksudkan adalah 71,33 dan 5,93. Lhitung Ltabel diterima untuk setiap instruksi dengan distribusi sehari-hari, bahkan sebagai Fhitung diperoleh Ftabel untuk keanggunan yang homogen. Hasil uji statistik (tes pihak t)  dan dk 56 menemukan bahwa kemampuan awal dari 2 pelajaran tersebut adalah sama karena thitung < ttabel, atau -0,84 1,94, adalah benar. Selanjutnya perawatan eksklusif telah diterapkan pada 2 pelajaran dan menjelang akhir pelajaran diberikan tes-publikasi. Dari hasil uji statistik fakta (one-celebration t check) diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,41 > 1,94, hal ini menunjukkan bahwa terdapat kemungkinan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang berpengaruh besar dengan bantuan PhET terhadap hasil belajar siswa. menghasilkan kemegahan pertanyaan XI pribadi Gajah Mada yang berlebihan fakultas T.P. 2022/2023

Published
Feb 7, 2024
How to Cite
ZAI, Marniati et al. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN PHET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GELOMBANG KELAS XI SMA SWASTA GAJAH MADA MEDAN T.P.2022/2023. JURNAL PENELITIAN FISIKAWAN, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 17 – 26, feb. 2024. ISSN 2655-738X. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/4175>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalpenelitianfisikawan.v7i1.4175.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>