PENGARUH MODEL KOOPERATIF BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA SMA SWASTA GAJAH MADA MEDAN T.P 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Video Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Materi Pokok Momentum Dan Impuls di kelas X semester II SMA Swasta Gajah Mada Medan T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Swasta Gajah Mada, yang terdiri dari dua kelas dan Sampel penelitian dilakukan secara total sampel, yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif berbantuan media video, dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol yang diajar dengan model pembelajaran langsung. Instrumen penelitian Adalah Essay Tes 8 soal yang divalidkan oleh dosen validator dan telah diuji cobakan dikelas XI untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji kemampuan awal diperoleh thitung <ttabel (1,590<2,002, hal ini menunjukkan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Kemudian diberi perlakuan yang berbeda diakhir pembelajaran dilakukan postes, dan diperoleh hasil uji statistik (uji t satu pihak), thitung > ttabel yaitu (6,751> 2,002), disimpulkan ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Video Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Materi Pokok Momentum Dan Impuls.