PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PAKEM PADA SISWA KELAS X SMA GKPI PADANG BULAN MEDAN SEMESTER I T.P. 2018/2019

  • Irwan Susanto Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil
belajar dengan menerapkan model pembelajaran PAKEM kelas X SMA
GKPI Padang Bulan Medan semester I T.P.2018/2019. Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas untuk mengetahui ada tidaknya
peningkatan motivasi dan hasil belajar pada subjek yaitu siswa. Populasi
dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA GKPI Padang Bulan
Medan. orang yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran
PAKEM adalah siswa kelas X-MIA 1 yang terdiri dari 30 siswa. Dan
penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua siklus untuk
mendapatkan peningkatan hasil belajar yang baik. Instrument dalam soal
ini berjumlah 19 butir soal berbentuk pilihan ganda dengan 4 option (a, b, c
dan d) yang telah diuji validitas, reabilitas, tingkat kesukaran, dan daya
beda. Hasil penelitian diperoleh dengan hasil Uji Hipotesis menggunakan
nilai Gain, peningkatan hasil belajar dari pretes ke postes siklus I adalah G=
0,42 dan masih dikategorikan dengan sedang, selanjutnya peningkatan hasil
belajar siklus I ke siklus II adalah G= 0,71 dan motivasi belajar siklus I ke
siklus II adalah G= 0,70 dikategorikan tinggi . Ini menunjukkan adanya
peningkatan motivasi danhasil belajar yang tinggi, serta adanya ketuntasan
hasil belajar yang tercapai saat proses belajar dengan menerapkan model
pembelajaran PAKEM pada materi pokok besaran dan pengukuran kelas X
SMA GKPI Padang Bulan Medan semester I T.P 2018/2019.

Published
May 16, 2019
How to Cite
SUSANTO, Irwan. PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PAKEM PADA SISWA KELAS X SMA GKPI PADANG BULAN MEDAN SEMESTER I T.P. 2018/2019. JURNAL PENDIDIKAN RELIGIUS, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 32-36, may 2019. ISSN 2686-5459. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalreligi/article/view/172>. Date accessed: 22 dec. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>