PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR KELAS X SEMESTER II DI SMA BUDI MURNI 2 MEDAN T.P. 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor kelas X semester II di SMA Budi Murni 2 Medan T.P 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Budi Murni 2 Medan yang terdiri dari enam kelas paralel berjumlah 240 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster random sampling yaitu kelas XE sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 40 orang dan kelas XF sebagai kelas kontrol yang berjumlah 40 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan tes pilihan berganda dengan jumlah soal 20 item yang terdiri dari 5 option yang sebelumnya telah diujicobakan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen dan berdistribusi normal. Nilai rata-rata pretes untuk kelas eksperimen adalah 43,37 dengan standar deviasi 9,65 dan nilai rata-rata pretes untuk kelas kontrol adalah 44,67 dengan standar deviasi 10,8. Dari uji beda nilai pretes kedua kelas diperoleh thitung = 0,052 dan ttabel = 1,994. Karena thitung < ttabel, ini menunjukkan bahwa kemampuan awal kedua kelas sama. Kemudian diberi perlakuan yang berbeda yaitu untuk kelas ekperimen diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri dan untuk kelas kontrol diajar dengan strategi pembelajaran lansung. Setelah pembelajaran selesai diberi postes sehingga diperoleh nilai rata-rata postes untuk kelas eksperimen adalah 81,87 dengan standar deviasi 10,7 dan untuk kelas kontrol nilai rata-rata postes adalah 66,25 dengan standar deviasi 9,98. Dari hasil uji t satu pihak diperoleh harga thitung = 6,76 pada taraf signifikan α = 0,05 dan harga ttabel = 1,667, maka thitung > ttabel yaitu 6,67 > 1,667. Hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor kelas X semester II di SMA Budi Murni 2 Medan T.P 2018/2019.