PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP PENGUASAAN KONSEP BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI DI KELAS XI SEMESTER II SMK SWASTA TELADAN MEDAN T.A. 2016/2017
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran generatif terhadap penguasaan konsep belajar siswa pada materi getaran, gelombang dan bunyi di kelas XI semester II SMK Swasta Teladan Medan T.A.2016/2017. Jenis penelitian ini quasi eksperimen dengan populasi seluruh kelas XI, dengan secara cluster random dipilih kelas XI2 sebagai eksperimen dan kelas XI2 sebagai kontrol, masing-masing 37 siswa. Instrumen penelitian menggunakan essay tes sebanyak 10 butir telah diuji coba dianalisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Selanjutnya diberi perlakuan dan diperoleh hasil perhitungan uji t satu pihak dengan bantuan SPSS 22.0 dengan nilai sig. (0,000 < 0,05) pada taraf signifikan = 0,05 dan dk = 72, hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan model Generative Learning terhadap penguasaan konsep belajar siswa pada materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi di kelas XI semester II SMK Swasta Teladan Medan T.A.2016/2017.