PENGARUH BAURAN PROMOSI DAN MEREK PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN PEMBELI PADA PT. ALFA SCORPII MEDAN

  • Christ Paul Jese Simanungkalit Universitas Darma Agung
  • Runggu Besmandala Napitupulu Universitas Darma Agung
  • Novia Ruth Silaean Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini adalah bertujuan untuk menambah wawasan mengenai Promosi dan Merek dalam meningkatkan Kepuasan Pembeli pada PT. Alfa Scropii Medan. Penelitian ini menggunakan data primer populasi dalam penelitian ini sebanyak 300 orang pembeli dengan sampel 75 responden dengan rumus Slovin. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis kuantitatif yaitu meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana, pengujian hipotesis melalui uji-t dan uji koefisien determinasi (R2). Variabel Bauran Promosi E_Prmsi dengan t hitung sebesar (-)1,824 dengan signifikansi 0,072 > 0,05 dan t tabel 1.99346. Jadi t hitung < t tabel, bahwa variabel Bauran Promosi blom memiliki kontribusi terhadap  Kepuasan Pembeli. Nilai t negatif menunjukkan variabel Bauran Promosi mempunyai hubungan yang tidak searah dengan Kepuasan Pembeli. Hasil uji parsial t menunjukkan bahwa Merek Perusahaan memiliki signifikansi 0,00 < 0,05 sehingga dsimpulkan merek perusahaan  memilki kontribusi secara parsial berpengaruh terhadap Kepuasaan Pembeli, hipotesis penelitian H1 diterima. Hasil uji determinasi pada kolom R Square sebesar 0.495, karena kita menggunakan 2 arah regresi berganda. Dengan demikian Pengaruh Bauran Promosi dan Merek Perusahaan terhadap Kepuasan Pembeli yaitu sebesar 49,5 % sedangkan sisanya 50,5 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam variabel penelitian. Disarankan kepada kepala cabang PT. ALFA SCORPII Medan melakukan Bauran Promosi secara ekonomis, efisein dan efektif serta penyampaian iklan yang disampaikan menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, ataupun media cetak  koran.

Published
Dec 4, 2023
How to Cite
SIMANUNGKALIT, Christ Paul Jese; NAPITUPULU, Runggu Besmandala; SILAEAN, Novia Ruth. PENGARUH BAURAN PROMOSI DAN MEREK PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN PEMBELI PADA PT. ALFA SCORPII MEDAN. JURNAL GLOBAL MANAJEMEN, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 1 - 12, dec. 2023. ISSN 2715-6001. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/global/article/view/3939>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/global.v12i2.3939.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)