ENHANCING CUSTOMER LOYALTY – EMPIRICAL EVIDENCE FROM Y SERIES VIVO SMARTPHONE ON MEDAN
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi, menganalis, dan meyimpulkan pengaruh langsung dan tidak langsung konstruk persepsi harga, kualitas produk, kepercayaan konsumen, dan loyalitas pelanggan. Metode analisis menerapkan model persamaan struktural dengan bantuan software lisrel. Hasil penelitian yakni persepsi harga dan kualitas produk secara parsial berpengaruh terhadap kepercayaan konsumen. Persepsi harga, kualitas produk, dan kepercayaan konsumen berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas pelanggan. Kepercayaan konsumen memediasi secara parsial pengaruh persepsi harga dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan. Dalam upaya meningkatkan kepercayaan konsumen khususnya untuk dimensi kemampuan, lebih khusus lagi untuk indikator pengesahan institusional yakni oleh konstruk persepsi harga yang dominan diantara variabel eksogen lainnya. Dimensi potongan harga mencerminkan persepsi harga. Dimensi ini direfleksikan dengan dominan oleh indikator potongan harga yang jarang. Pengecer smartphone merek vivo series Y di Medan perlu lebih memberikan perhatian pada potongan harga yang jarang bagi pengguna dalam upaya meningkatkat kepercayaan konsumen. Peningkatan loyalitas pelanggan khususnya dimensi pembelian ulang, lebih khusus lagi lingkungan sosial yakni oleh kepercayaan konsumen yang dominan diantara konstruk eksogren. Pengecer smartphone merek vivo series Y di Medan perlu lebih memberikan perhatian pada pengesahan institusional bagi kemampuan sumberdaya manusia para pengecer dalam upaya meningkatkan loyalitas pelanggan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).