PENGARUH KEPEMIMPINAN, DISIPLIN KERJA DAN KEMAMPUAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA SEKOLAH BUDDHIS BODHICITTA MEDAN

  • Mariati Mariati Universitas Darma Agung
  • Nikous Soter Sihombing Universitas Darma Agung
  • Erwin Pardede Universitas Darma Agung

Abstract

Rendahnya kinerja pegawai dan motivasi pegawai yang dihadapi merupakan permasalahan yang harus di diskusikan. Motivasi dapat mempengaruhi seseorang atau memberikan dorongan kepada seseorang untuk melakukan sesuatu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung variabel kepemimpinan, disiplin kerja dan kemampuan kerja terhadap kinerja pegawai melalui motivasi kerja sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai yang terdapat pada Sekolah Budhis Bodhicitta Medan yang berjumlah 155 orang. Untuk penentuan jumlah sampel digunakan rumus slovin sehingga sampel 112 pegawai. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis jalur, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan, disiplin kerja dan kemampuan kerja masing-masing memberikan pengaruh langsung yang signifikan terhadap motivasi kerja pada Sekolah Buddhis Bodhicitta Medan. Kepemimpinan, disiplin kerja, kemampuan kerja dan motivasi kerja masing-masing memberikan pengaruh langsung yang signifikan terhadap kinerja pegawai pada Sekolah Buddhis Bodhicitta Medan. Kepemimpinan, disiplin kerja dan kemampuan kerja masing-masing memberikan pengaruh tidak langsung yang signifikan terhadap kinerja pegawai melalui variabel intervening motivasi kerja pada Sekolah Buddhis Bodhicitta.  Disarankan pimpinan sebaiknya melibatkan bawahan dalam pengambilan keputusan, serta menghindari hubungan dengan bawahan untuk hal-hal yang tidak berhubungan dengan pekerjaan. Pegawai sebaiknya hadir tepat waktu dan pimpinan memberi sanksi perlu didasarkan pada pertimbangan yang benar.    Pekerjaan yang ditangani setiap pegawai perlu disesuaikan dengan latar belakang pendidikan serta pengalaman kerja masing-masing. Jumlah gaji pegawai sebaiknya sebanding dengan beban kerja, sedangkan bonus yang diterima pegawai perlu disesuaikan dengan prestasi kerjanya.

Published
Apr 30, 2022
How to Cite
MARIATI, Mariati; SIHOMBING, Nikous Soter; PARDEDE, Erwin. PENGARUH KEPEMIMPINAN, DISIPLIN KERJA DAN KEMAMPUAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA SEKOLAH BUDDHIS BODHICITTA MEDAN. JURNAL CREATIVE AGUNG, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 32-41, apr. 2022. ISSN 2301-6175. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/creativeagung/article/view/1530>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)