PENGARUH KARAKTERISTIK DAN KOMITMEN KARYAWAN TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN DI PT. ARIER REKAYASA NUSANTARA

  • Erwin Pardede Universitas Darma Agung
  • Rena Wahyuni Br Sembiring

Abstract

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik pekerjaan dan komitmen karyawan terhadap prestasi kerja karyawan pada PT. Arier Rekayasa Nusantara Medan. Penelitian ini dilakukan di PT. Arier Rekayasa Nusantara Medan dengan jumlah populasi dan sampel sebanyak 30 orang dengan menggunakan metode lapangan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah karakteristik pekerjaan dan komitmen karyawan berpengaruh terhadap prestasi kerja karyawan Pada PT. Arier Rekayasa Nusantara?”. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Karakteristik pekerjaan dan komitmen karyawan berpengaruh positif terhadap prestasi kerja karyawan di PT. Arier Rekayasa Nusantara”. Variabel bebas dalam penelitian ini adalan karakteristik pekerjaan dan komitmen karyawan, sedangkan variabel terikat adalah prestasi kerja. Analisis data menggunakan analisis persamaan regresi linier berganda dengan hasil Y = 2,923 +0,639X1 + 0,292X2, yang artinya karakteristik pekerjaan dan komitmen karyawan berpengaruh positif terhadap prestasi kerja. Dan hasil uji koefisien determinasi pada R square adalah 0,660 berarti 66% yang menunjukkan bahwa variabel prestasi kerja (Y) dipengaruhi kuat oleh variabel karakteristik pekerjaan (X1) dan komitmen karyawan (X2), Sedangkan sisanya 34% dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti oleh penelitian ini. Hasil penelitian pada uji simultan (Uji F) dapat dilihat bahwa nilai Fhitung 26,259 > Ftabel 3,34. Hal ini menunjukkan bahwa variabel bebas yang terdiri dari karakteristik pekerjaan dan komitmen karyawan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen yaitu prestasi kerja karyawan pada PT. Arier Rekayasa Nusantara Medan.


Disarankan kepada perusahaan diharapkan dapat mempertahankan atau meningkatkan karakteristik pekerjaan dan komitmen karyawan sehingga dapat meningkatkan prestasi kerja karyawan.

Published
Jul 29, 2021
How to Cite
PARDEDE, Erwin; SEMBIRING, Rena Wahyuni Br. PENGARUH KARAKTERISTIK DAN KOMITMEN KARYAWAN TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN DI PT. ARIER REKAYASA NUSANTARA. JURNAL CREATIVE AGUNG, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 174-182, july 2021. ISSN 2301-6175. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/creativeagung/article/view/1077>. Date accessed: 02 may 2024.
Section
Articles