PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. MAJU JAYA POHON PINANG MEDAN

  • Hironymus Ghodang Universitas Darma Agung
  • Rena Wahyuni Br Sembiring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Hipotesis yang diajukan adalah kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada PT. Maju Jaya Pohon Pinang  Medan. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari kualitas produk sebagai variabel bebas dan keputusan pembelian sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data dengan cara daftar pertanyaan. Metode analisis data menggunakan metode regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nNilai konstanta (a) diperoleh sebesar 8,287. Artinya jika kualitas produk tidak bertambah (0) maka keputusan pembelian sebesar 8,287. Koefisien regresi variabel kualitas produk (b) adalah 0,312 yang berarti setiap peningkatan kualitas produk sebesar 1 satuan akan meningkatkan keputusan pembelian sebesar 0,312.  Nilai t-hitung  variabel  kualitas  produk  adalah 6,087 dan nilai t-tabel 5 % sebesar 1,994.  Dengan demikian t-hitung > t-tabel (6,087 > 1,994) maka H1 diterima, artinya kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk. Terdapat koefisien determinasi sebesar 34,3 % bahwa keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh perubahan variabel kualitas produk.  Sedangkan sisanya  65,70 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan sebagai variabel dalam penelitian, seperti harga produk, saluran distribusi, promosi dan lain-lain.

Published
Jul 29, 2021
How to Cite
GHODANG, Hironymus; SEMBIRING, Rena Wahyuni Br. PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. MAJU JAYA POHON PINANG MEDAN. JURNAL CREATIVE AGUNG, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 68-84, july 2021. ISSN 2301-6175. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/creativeagung/article/view/1071>. Date accessed: 09 may 2024.
Section
Articles