HUBUNGAN SOSIAL MEDIA DENGAN LAPANGAN KERJA PADA GENERASI MILENIAL DI DESA LINTONG NIHUTA TAHUN 2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan signifikan antara sosial media dengan lapangan kerja pada generasi milenial di Desa Lintong Nihuta tahun 2020.Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional.Populasi dalam penilitan ini adalah seluruh generasi milenial di Desa Lintong Nihuta yang berusia 17 sampai 30 tahun yang terdiri dari 200 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pengambilan sampel random acak ialah 25% dari 200 orang yaitu 50 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket yang terdiri dari 19 item sosial media (X) dan 18 item generasi muda milenial (Y) yang memiliki 4 pilihan ( st,s,ks,ts) yang sebeleumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya.Hasil uji persyaratan analisis data sosial media berdistribusi normal dengan perhitungan x2hitung < x2tabel (41,74< 67,50). Data normalitas lapangan kerja generasi milenial berdistribusi normal dengan hasil perhitungan x2h < x2t (39,57 < 67,50) . Hasil uji linearitas data sosial media dengan lapangan kerja generasi milenial adalah linear dengan persamaan Y= 11,20 +0,75X dikonsultasikan dengan Ftabel diperoleh Fh>Ft (468,85 >4,04). Uji kecenderungan sosial media(X) Desa Lintong Nihuta kategorikan cenderung rendah (16%) dan lapangan kerja generasi milenial(Y) di Desa Lintong Nihuta tahun 2020 kategori cukup ( 18%). ..Hasil uji korelasi product moment yang diperoleh rhitung = 0,65 rtabel= 0,273 maka ada hubungan antara sosial media dengan lapangan kerja pada generasi milenial di Desa Lintong Nihuta tahun 2020.. Untuk menguji taraf signifikan X dan Y digunakan statistika t diperoleh thitung = 8,69 , tt 1,667 ( 8,69 > 1,677), maka hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara sosial media dengan lapangan kerja pada generasi milenial di Desa Lintong Nihuta tahun 2020.