PEMANFAATAN TEKNOLOGI UNTUK PROSES BELAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 BAGI SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN SIDIKALANG KECAMATAN SIDIKALANG KABUPATEN DAIRI

  • Rosma Nababan Universitas Darma Agung
  • Gufanta Hendryko Purba Universitas Darma Agung
  • Murni Naiborhu Universitas Darma Agung
  • Irwan Susanto Universitas Darma Agung
  • Cici Fitri Bety Universitas Darma Agung
  • Ermita Zai Universitas Darma Agung
  • Septi Revania Universitas Darma Agung

Abstract

Masa pandemi saat ini mengakibatkan berbagai dampak dan permasalahan di segala bidang termasuk juga pada bidang pendidikan. Dimana sebelum pandemi proses pembelajaran terjadi, dilakukan secara tatap muka sehinga tujuan pendidikan dapat di laksanakan. Namun di saat pandemi melanda semua proses pembelajaran harus di lakukan perubahan dengan konsep pembelajaran jarak jauh atau belajar di dalam rumah. Hal ini untuk mendukung regulasi dan kebijakan dari pemerintan dalam memotong rantai penyebaran virus Covid-19 agar penyebaran nya bisa di minimalisir dan dihilangkan dari muka bumi. Dalam hal ini dipelurlukan teknologi dalam proses pembelajaran di dunia pedidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, guna menginterpretasikan dan menjelaskan objek penelitian, yaitu analisa pemanafatan teknologi dalam pembelajaran di masa pandemi. Ditemukan mgasih sedikit pemahaman tentang pemanfaat teknologi dan terbatasnya jaringan yang mendukung untuk pembelajaran secara daring. Hal ini terlihat pada saat pandemi anak-anak sangat terbatas dalam memperoleh pembelajaran dari guru. Peserta didik pada umumnya hanya menerima tugas dari guru dalam bentuk tulisan dan mengerjakannya sendiri di rumah. Melihat permasalahan ini tim pengabdian masyarakat dari FKIP Universitas Darma Agung tergerak untuk membantu peserta didik melalui pelatihan dan pembimbingan penggenalan media platform digital sederhana. Pelatihan ini berlangsung selama tiga bulan yaitu mulai Januari-Maret 2022. Pelaksanaan pembimbingan pengenalan media ini berjalan dengan sangat baik dan peserta didik sangat antusias untuk belajar sehingga mereka bisa memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran.

Published
Apr 30, 2022
How to Cite
NABABAN, Rosma et al. PEMANFAATAN TEKNOLOGI UNTUK PROSES BELAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 BAGI SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN SIDIKALANG KECAMATAN SIDIKALANG KABUPATEN DAIRI. PKM Maju UDA, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 43-50, apr. 2022. ISSN 2745-6072. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/pkmmajuuda/article/view/1622>. Date accessed: 16 june 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/pkmmajuuda.v3i1.1622.