HUBUNGAN INTENSITAS KOMUNIKASI ORANGTUA DAN ANAK DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS X SMA SWASTA ETISLANDIA MEDAN T.A 2021/2022

  • Wawan Indah Berkat Telaumbanua Universitas Darma Agung
  • Melita Depi Sari Siregar Universitas Darma Agung
  • Murni Naiborhu Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara Intensitas Komunikasi Orangtua dan Anak dengan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas X SMA Swasta Etislandia Medan T.A 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Etislandia Medan berjumlah 93 orang. Karena populasi jumlah terbatas, maka seluruh populasi dijadikan sampel (sampel total). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket yang berjumlah 15 item untuk Intensitas Komunikasi Orangtua dan Anak dan 14 item untuk Kedisiplinan Belajar Siswa yang masing-masing terdiri dari 4 option a,b,c,d yang sebelumnya telah diuji ke luar sampel untuk mengetahui validitas dan reliabilitas. Hasil uji normalitas data Intensitas Komunikasi Orangtua dan Anak (X) di SMA Swasta Etislandia Medan berdistribusi normal diperoleh Xh2 < Xt2 (9,27 < 116,51). Kedisiplinan Belajar Siswa (Y) di SMA Swasta Etislandia Medan berdistribusi normal diperoleh Xh< Xt2 (48,62 < 116,51). Hasil uji linearitas data Intensitas Komunikasi Orangtua dan Anak dengan Kedisiplinan Belajar Siswa adalah linear dengan persamaan Y = 19,10 + 0,547 X dikonsultasikan dengan Fh > Ft (19,10 > 3,94). Hasil uji kecenderungan Intensitas Komunikasi Orangtua dan Anak (X) dikategorikan baik (46,23%). Hasil uji kecenderungan Kedisiplinan Belajar Siswa (Y) dikategorikan sangat baik (33,33%).Berdasarkan hasil uji korelasi X dan Y diperoleh rhitung  = 0,700 dikonsultasikan dengan r pada taraf signifikan 5% dengan N = 93 diperoleh rtabel = 0,202. Karena rhitung >  rtabel (0,700  > 0,202) maka hal  ini menunjukkan ada hubungan antara kedua variabel. Untuk menguji signifikan hubungan kedua variabel tersebut maka dilanjutkan dengan uji t. Hasil uji t diperoleh thitung= 9,35  ttabel = 1,66. Karena thitung > ttabel (9,35 > 1,66). Hal ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara Intensitas Komunikasi Orangtua dan Anak dengan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas X SMA Swasta Etislandia Medan T.A 2021/2022.

Published
Jun 9, 2022
How to Cite
TELAUMBANUA, Wawan Indah Berkat; SIREGAR, Melita Depi Sari; NAIBORHU, Murni. HUBUNGAN INTENSITAS KOMUNIKASI ORANGTUA DAN ANAK DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS X SMA SWASTA ETISLANDIA MEDAN T.A 2021/2022. JURNAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 33-48, june 2022. ISSN 2088-8376. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/1550>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>