HUBUNGAN KEPEMIMPINAN GURU DENGAN MINAT BELAJAR SISWA

  • Heryanto Heryanto STT Lintas Budaya Batam, Kepri
  • Peringatan Zebua STT Lintas Budaya Batam, Kepri
  • Yasozatulo Larosa STT Lintas Budaya Batam, Kepri
  • Sanhedrin Ginting Universitas Darma Agung
  • Alimin Purba Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara kepemimpinan guru dengan minat belajar siswa kelas XII SMK SWASTA HKBP Sidikalang Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII tehnik kejuruan TKJ berjumlah 90 orang sedangkan sampel dalam penelitian berjumlah 60 orang dengan teknik pengambilan sampel adalah Simple random sampling. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket yang terdiri dari 20 item dengan 5 option. Data diolah dengan software SmartPLS 3.0 meliputi uji validitas, reliabilitas dan hipotesis. Temuan penelitian menunjukkan bahwa hubungan Kepemimpinan Guru dengan minat belajar siswa dengan T. Statistik  sebesar 2.136 > 1.96 dengan nilai p = 0,033 < 0,05. Ini berarti bahwa kepemimpinan guru berhubungan positif dan signifikan dengan minat belajar siswa.

Published
Apr 11, 2022
How to Cite
HERYANTO, Heryanto et al. HUBUNGAN KEPEMIMPINAN GURU DENGAN MINAT BELAJAR SISWA. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 30, n. 1, p. 22–35, apr. 2022. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/1406>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v30i1.1406.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>