ANALISIS PENGOLAHAN PISANG KEPOK (Musa acuminata balbisiana colla) MENJADI KERIPIK PISANG ( Studi Kasus: Home Industry Dua Jaka)

  • Desniat R. Dachi Universitas Darma Agung
  • Deni S. Samosir Universitas Darma Agung
  • Wilmar Saragih Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses pengolahan pisang menjadi keripik pisang (2) besar nilai tambah yang di hasilkan dari usaha pengolahan keripik pisang (3) kelayakan industri pengolahan pisang menjadi keripik pisang di daerah penelitian. Daerah penelitian di tentukan secara purposive (sengaja), yaitu di home industry Dua Jaka Desa Limau Manis. Data Sampel pada penelitian ini adalah pemilik home industry Dua Jaka yang mengolah pisang kepok menjadi keripik pisang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data di lakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan proses pengolahan pisang kepok menjadi keripik pisang di awali dengan pengupasan pisang, dilanjutkan dengan pengirisan/pemarutan, selanjutnya penggorengan dan penirisan dan yang paling terakhir adalah pengemasan. Nilai tambah rata-rata pengolahan pisang kepok menjadi keripik pisang per produksi adalah Rp.128.768,3, dengan rasio nilai tambah sebesar 85,84 % > 50 % artinya nilai tambah tersebut tergolong tinggi. Usaha pengolahan pisang kepok menjadi keripik pisang layak untuk di usahakan di daerah penelitian dengan rasio R/C sebesar 1,68 >1 yang berarti usaha pengolahan pisang kepok menjadi keripik pisang memberikan keuntungan secara ekonomi.

Published
Feb 28, 2023
How to Cite
DACHI, Desniat R.; SAMOSIR, Deni S.; SARAGIH, Wilmar. ANALISIS PENGOLAHAN PISANG KEPOK (Musa acuminata balbisiana colla) MENJADI KERIPIK PISANG ( Studi Kasus: Home Industry Dua Jaka). JURNAL AGRIBIZDA (Journal of Agribizda), [S.l.], v. 7, n. 1, p. 72 - 80, feb. 2023. ISSN 2715-2413. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/agribizda/article/view/2983>. Date accessed: 22 june 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/agribizda.v7i1.2983.
Section
Articles