KETERSEDIAAN SEKTOR HULU DALAM PENGEMBANGAN AGRIBISNIS DIKECAMATAN BAKTIRAJA KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN PROVINSI SUMATERA UTARA

  • Liselio Banjarnahor Universitas Darma Agung
  • Samazatulo Laia Universitas Darma Agung
  • Wilmar Saragih Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ketersediaan sektor hulu di lokasi penelitian, (2) pengaruh ketersediaan sektor hulu dalam pengembangan agribisnis di lokasi penelitian. Lokasi penelitian dilaksanakan di Kecamatan Baktiraja Kabupaten Humbang Hasundutan Provinsi Sumatera Utara yang di laksanakan pada bulan Juli-September 2020. Data dalam penelitian adalah data sekunder dengan data runtun waktu (time series) 5 tahun terakhir yaitu di mulai dari tahun 2015-2019. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan Metode OLS (Ordinary Least square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor dan sarana produksi pada sektor hulu di Kecamatan Baktiraja adalah tersedia, sedangkan hasil analisis linier berganda menunjukkan bahwa hasil uji R2 yaitu 0.818 dan R square sebesar 0.669, dengan uji F yaitu Fhitung > Ftabel yaitu 17.815 > 8.89 maka terima H1 tolak H0 dengan signifikansi 0,187 > 0,05 dan uji parsial (uji t) dengan kriteria jika thitung  >  ttabel atau –thitung  >  - ttabel maka terima H1, tolak H0, dan jika thitung  <  -ttabel atau thitung  >  -ttabel maka terima H0, tolak H1. Berdasarkan hasil tersebut maka disimpulkan bahwa secara serempak (uji F) maupun parsial (uji t) terdapat pengaruh secara nyata akan ketersediaan sektor hulu dalam pengembangan agribisnis pada tanaman bawang merah, jagung, ubi kayu, ubi jalar dan kacang tanah di Kecamatan Baktiraja Kabupaten Humbang Hasundutan Provinsi Sumatera Utara.

Published
Mar 31, 2021
How to Cite
BANJARNAHOR, Liselio; LAIA, Samazatulo; SARAGIH, Wilmar. KETERSEDIAAN SEKTOR HULU DALAM PENGEMBANGAN AGRIBISNIS DIKECAMATAN BAKTIRAJA KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN PROVINSI SUMATERA UTARA. JURNAL AGRIBIZDA (Journal of Agribizda), [S.l.], v. 5, n. 1, p. 55-68, mar. 2021. ISSN 2715-2413. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/agribizda/article/view/2083>. Date accessed: 25 july 2024.
Section
Articles