RANCANG BANGUN MESIN PENYERUT UBI UNTUK PEMBUATAN KUE CAKAR AYAM DENGAN MEKANISME GERAK TRANSLASI MENGGUNAKAN PISAU HORIZONTAL BERKAPASITAS 15 KG/JAM

  • Edi Sahputra Tarigan Universitas Darma Agung
  • Sidik Kurniawan Universitas Darma Agung
  • Sawin Sebayang Universitas Darma Agung
  • Rasta Purba Universitas Darma Agung

Abstract

Sering kali kita menjumpai para pembuat kue cakar ayam yang masih menggunakan mesin penyerut ubi yang manual, hal ini kurang mendukung untuk menghasilkan jumlah yang banyak karena lebih banyak memakan waktu dan tenaga. Namun, untuk mempermudah dalam meningkatkan produk cakar ayam maka penulis mendesain dan memodifikasi mesin penyerut ubi dengan kapasitas 15 kg/jam agar lebih hemat waktu dan tenaga, pengerjaannya pun singkat dan menghasilkan produk dengan kapasitas yang lebih besar. Dalam hal memproduksi serutan ubi bisa juga terjadi permasalahan, maka dibutuhkan beberapa hal seperti perancangan pisau, perhitungan daya motor, dan juga dilakukan perawatan dan pengecekan pada mesin.

Published
Jun 7, 2023
How to Cite
TARIGAN, Edi Sahputra et al. RANCANG BANGUN MESIN PENYERUT UBI UNTUK PEMBUATAN KUE CAKAR AYAM DENGAN MEKANISME GERAK TRANSLASI MENGGUNAKAN PISAU HORIZONTAL BERKAPASITAS 15 KG/JAM. Jurnal Teknologi Mesin UDA, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 97 - 106, june 2023. ISSN 2776-2068. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/teknologimesin/article/view/3335>. Date accessed: 25 june 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/teknologimesin.v4i1.3335.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>