ANALISA UJI KINERJA MESIN PENGUPAS KULIT BIJI KOPI YANG DILENGKAPI DENGAN PENGAYAK/PEMISAHBIJI DAN KULIT KAPASITAS 60 KG/JAM

  • Handrian Tampubolon Universitas Darma Agung
  • Arlin Copernikus Sihombing Universitas Darma Agung
  • Sawin Sebayang Universitas Darma Agung
  • Saut Pardede Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini di lakukan untuk mengetahui hasil dari kenerja mesin pengupas kulit kopi kapasitas 60 kg/jam yang dilengkapi dengan system ayakan sebagai pemisah kulit dan biji kopi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisa deskripsi kuantitatif. Dengan  mengamati proses dan hasil dari pengupasan pada kinerja mesin pengupas kulit kopi mencakup dari kapasitas,pengeruh variasi putaran motor terhadap ayakan,kapasitas, kwalitas  kwantitas hasil pengupasan biji kopi, Langkah Langkah analisa dilakukan meliputi penelitian pada perumusan masalah dengan cara studi pendahuluan melalui studi Pustaka,studi lapangan pengambilan data melalui observasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi putaran motor sangat mempengaruhi hasil ayakan sebagai pemisah kulit dan biji juga terhadap kapasitas dan kwalitas kwantitas mesin. Pada setiap variasi putaran motor menetukan kecepatan ayakan saat memisahkan kulit dan biji, kapasitas yang yang berbeda pada setiap variasi putaran.

Published
Jun 7, 2023
How to Cite
TAMPUBOLON, Handrian et al. ANALISA UJI KINERJA MESIN PENGUPAS KULIT BIJI KOPI YANG DILENGKAPI DENGAN PENGAYAK/PEMISAHBIJI DAN KULIT KAPASITAS 60 KG/JAM. Jurnal Teknologi Mesin UDA, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 29 - 36, june 2023. ISSN 2776-2068. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/teknologimesin/article/view/3324>. Date accessed: 25 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/teknologimesin.v4i1.3324.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>