PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN CANVA TERHADAP MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR MAHASISWA FISIKA SEMESTER III TAHUN AJARAN 2022/2023

  • Rameyanti Tampubolon Universitas Darma Agung
  • Dede Parsaoran Damanik Universitas Darma Agung

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat dampak media pembelajaran canva dalam motivasi dan minat study fisika semester III tahun 2023. Populasi ialah seluruh mahasiswa prodi Fisika Semester III yaitu kelas pagi dan sore. Jenis dan desain penelitian digunakan adalah eksperimen dan quasi experimental design. Tehnik pengumpulan data bentuk angket observasi sebanyak 15 soal dengan skala 1 - 4, dengan option pilihan yaitu 4 sangat termotivasi dan berminat, 3 termotivasi dan berminat, 2 cukup termotivasi dan cukup berminat, 1 kurang termotivasi dan kurang berminat. Teknik analisis penelitian melalui uji persyaratan (normalitas, G ternomalisasi) serta uji hipotesis. Hasil penelitian diperoleh: (a) skor motivasi dan minat belajar pada canva memiliki rerata 331,34. (b) skor motivasi dan minat belajar mahasiswa pakai media langsung rata-rata 210,01. (c) Ada pengaruh signifikan perlakuan media pembelajaran Canva terhadap terhadap minat dan motivasi dalam belajarnya mahasiswa fisika semester III tahun 2023, dengan hasil perhitungan didapat thitung > ttabel ( 35,26 > 1,994).

Published
Oct 27, 2024
How to Cite
TAMPUBOLON, Rameyanti; DAMANIK, Dede Parsaoran. PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN CANVA TERHADAP MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR MAHASISWA FISIKA SEMESTER III TAHUN AJARAN 2022/2023. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 5, p. 278 - 285, oct. 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4798>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i5.4798.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>