PENGARUH.KOMITMEN, KOMPENSASI, DAN KONFLIK KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA PADA CREDIT UNION (CU) DOSNITAHI PINANG SORI KABUPATEN TAPANULI TENGAH

  • Jenni Tarigan Universitas Darma Agung
  • Lamminar Hutabarat Universitas Darma Agung
  • Iman Harapan Zega Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Komitmen, Kompensasi dan Konflik Kerja berpengaruh terhadap Kepuasan Kerja . Populasi dari penelitian ini adalah seluruh karyawan Credit Union (CU) DOSNITAHI Pinang Sori. Teknik pengambilan sampel yang digukanan metode sensus, sample  yaitu seluruh karyawan credit union dosnitahi yang berjumlah 38 responden. penelitian yang di gunakan yakni (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan metode koesioner. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda, untuk menguji pengaruh komitmen, kompensasi, dan konflik kerja terhadap kepuasan kerja.Hasil penelitian mendapatkan bahwa persamaan regresi sebagai berikut : Y = 7.160 + 0.271  + 0.236  + 0.267 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen, kompensasi, dan konflik kerja Secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan kerja, berdasarkan perbandingan nilai Fhitung dengan nilai Ftabel Nilai Fhitung > Ftabel. Hasil penelitian ini sejalan dengan penelitian terdahulu oleh Septerina dan  Rusda Irawati (2018) dalam Jurnal Ekonomi Bisnis Tahun 2014 Nomor 03 yang berjudul Pengaruh Komitmen Profesional terhadap Kepuasan Kerja Akuntan Pendidik melalui Komitmen Organisasional,penelitian ini menyatakan bahwa komitmen organisasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja.Peneliti berharap agar Credit Union (CU) DOSNITAHI Pinang Sori dapat lebih meningkatkan lagi Komitmen dalam bekerja, Kompensasi yang sesuai bagi karyawan dan dapat meminimalkan Konflik dalam perusahaan sebaik mungkin agar Kepuasan Kerja dapat Tercapai.

Published
Apr 11, 2022
How to Cite
TARIGAN, Jenni; HUTABARAT, Lamminar; ZEGA, Iman Harapan. PENGARUH.KOMITMEN, KOMPENSASI, DAN KONFLIK KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA PADA CREDIT UNION (CU) DOSNITAHI PINANG SORI KABUPATEN TAPANULI TENGAH. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 30, n. 1, p. 93–106, apr. 2022. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/1423>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v30i1.1423.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)