HUBUNGAN PEMAHAMAN NILAI-NILAI PANCASILA DENGAN KARAKTER SISWA DI SMP SWASTA HKBP BELAWAN TAHUN AJARAN 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara pemahaman nilai-nilai pancasila dengan karakter siswa di SMP HKBP Belawan Tahun Ajaran 2019/2020.Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional, populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa SMP HKBP Belawan sebanyak 65 orang, sampel dalam penelitian ini sebanyak 65. Alat pengumpulan data menggunakan angket, untuk pemahaman nilai-nilai pancasila 12 item, karakter siswa 12 item yang terdiri dari lima option yang sudah terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas.Hasil uji persyaratan analisis normalitas data pemahaman nilai-nilai pancasila (X) di SMP HKBP Belawan Tahun 2019/2020 berdistribusi normal dengan hasil Xhitung2 < Xtabel2 (14,744<84,820). Data karakter siswa (Y) di SMP HKBP Belawan Tahun Ajaran 2019/2020 berdistribusi normal dengan hasil Xhitung2 < Xtabel2 (14,306<84,820). Hasil uji linearitas pemahaman nilai-nilai pancasila dengan moral siswa di SMP HKBP Belawan Tahun Ajaran 2019/2020 adalah linear, dengan persamaan Y = 19,350+ 0,632 dikonsultasikan dengan Fhitung > Ftabel (63>3,999). Hasil uji kecenderungan pemahaman nila-nilai pancasila (X) dikategorikan sedang (33,84%),hasil uji kecenderungan karakter siswa (Y) cenderung tinggi (27,69%). Berdasarkan hasil analisis koefisien korelasi X dan Y diperoleh rhitung 0,553 rtabel = 0,244 (0,553>0,244), dengan menggunakan uji “t” diperoleh thitung= 10,608 ttabel= 1,668 (10,608>1,668), Hal ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara pemahaman nilai-nilai pancasila dengan karakter siswa di SMP HKBP Belawan Tahun Ajaran 2019/2020.