UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTION BERBASIS BLENDED LEARNING SISWA KELAS XI SEMESTER GANJIL SMA METHODIST-2 TA 2021/2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengupayakan peningkatanhasil belajar fisika menggunakan model pembelajaran DI berbasis blended learning siswa kelas XI Semester Ganjil SMA Methodist 2 TA 2021/2022. Populasi seluruh siswa kelas XI SMA Methodist-2 Medan berjumlah 400 siswa yang terdiri dari 10 kelas. Sampel 1 kelas berjumlah 25 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas memalui 2 tahapan yaitu siklus I dan siklus II masing- masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian menggunakan tes (untuk menguji hasil belajar) dan angket observasi (untuk menguji tingkat keaktipan belajar sisiwa). Sebelum dilakukan penelitian, tes telah dahulu diuji coba validitas, reliabilitas dan tingkat kesukaran tes untuk melihat kelayakan tes. Teknik analisis data digunakan dengan menghitung ketuntasan belajar siswa dan menghitung Keaktifan Siswa, serta Uji hipotesis dengan rumus N-Gain. Hasil penelitian diperoleh: (1) terdapat peningkatan keaktivan belajar siswa menggunakan model Direct Instruction berbasis Blended Learning dengan materi pokok fisika Dinamika dan Keseimbangan Benda Tegar. (2) terdapat peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model Direct Instruction berbasis Blended Learning dengan materi pokok fisika Dinamika dan Keseimbangan Benda Tegar. (3) Penerapan Model DI berbasis Blended Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Fisika materi pokok Dinamika dan Keseimbangan Benda Tegar.