PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA MATERI VEKTOR DI KELAS X SEMESTER I SMA SWASTA KEMALA BHAYANGKARI

  • Lipur Ju Priman Zega Universitas Darma Agung
  • Yulson Avan Dachi Universitas Darma Agung
  • Asiroha Siboro Universitas Darma Agung
  • Rameyanti Tampubolon Universitas Darma Agung

Abstract

Semenjak adanya pandemi covid 19, pembelajaran berubah dari moda tatap muka 100 % ke moda dari daring 50%. Hal ini tentu banyak menyulitkan guru mau peserta didik dalam memperoleh ilmu pengetahuan. Namun, berkat teknologi yang semakin canggih hal ini dapat diatas denagn baik melalui pembelajaran bauran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan menggunakan model  Blended Learning Terhadap pemahaman konsep fisika Kelas X. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen (Eksperimen Semu). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester I SMA Swasta Kemala Bhayangkari yang terdiri atas 2 kelas dengan jumlah seluruh siswa adalah 50 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan  acak kelas (cluster random sampling), dan yang menjadi sample dalam penelitian ini adalah siswa kelas X mia 1 sebagai kelas eksprimen, yang diajarkan dengan model Blended Learning dan siswa kls X mia 2 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Instrumen penelitian ini menggunakan tes dalam bentuk essay sebanyak 12 item dengan menggunakan teknik penskoran  yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Hasil penelitian diperoleh rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 57,78 dengan standard deviasi 3,59 dan pretes kelas kontrol adalah 55,71 dengan standard deviasi 3,67. Untuk uji t dua pihak nilai pretes kedua kelas diperoleh  = 1,95 dan  = 2,01. Karena <  maka hal ini menunjukkan bahwa kemampuan awal kedua kelas sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda yaitu pada kelas ekperimen diberikan model blended learning dan pada kelas kontrol diberikan model pembelajaran langsung, diakhir pembelajaran dilakukan postes. Hasil penelitian diperoleh rata-rata postes kelas eksperimen adalah 83,25 dengan standard deviasi 2,52 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol adalah 78,57 dengan standard deviasi 2,73. Berdasarkan hasil uji statistik (uji t satu pihak), diperoleh nilai untuk  = 10,4 dan  = 1,676. Karena > , maka hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan Model Blended Learning Terhadap pemahaman konsep fisika Kelas X Semester I Pada materi pokok vektor SMA Swasta Kemala Bhayangkari T.A 2022/2023.

Published
Aug 31, 2022
How to Cite
ZEGA, Lipur Ju Priman et al. PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA MATERI VEKTOR DI KELAS X SEMESTER I SMA SWASTA KEMALA BHAYANGKARI. JURNAL PENELITIAN FISIKAWAN, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 27-38, aug. 2022. ISSN 2655-738X. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/2068>. Date accessed: 28 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>